Teknik Pengajaran Structure /Grammar

Dalam Kurikulum KTSP sering muncul beberapa pokok bahasan yang berulang-ulang, artinya pokok bahasan grammar yang pernah diajarkan pada level sebelumnya diulang kembali pada level berikutnya. Dari dasar pemikiran inilah kita mungkin menganggap bahwa pokok bahasan tersebut merupakan materi essensial yang sedikit banyak sering dijadikan bahan untuk Ujian Nasional. Jika pernah mencoba melakukan bedah SKL Kurikulum KTSP, kita bisa membuat suatu pemetaan bahan/materi mana saja mulai dari kelas X, XI, dan XII yang termasuk materi essensial. Untuk mengajarkan materi yang pernah diajarkan sebelumnya khususnya materi kajian bidang struc ture/grammar, alangkah baiknya kita pergunakan teknik atau metode PGR, yaitu Practice, Generalization, Revision. Metode PGR ini sekali lagi lebih cocok di pergunakan untuk mengajarkan materi bahasan yang sebelumnya pernah diajarkan kepada para siswa. Adapun penerapan teknik PGR tersebut, adalah sbb:

TAHAP PRACTICE:

Guru memberikan latihan kepada siswa

Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok

Guru meminta siswa mendiskusikan jawabannya

Guru meminta setiap perwakilan kelompok untuk menuliskan jawabannya di papan tulis

Guru meminta peserta kelompok lainnya untuk memberikan tanggapan

Guru melakukan penguatan berupa penegasan kembali tentang jawaban-jawaban yang tepat

TAHAP GENERALIZATION

Guru meminta siswa duduk dalam kelompok

Guru memberikan tugas kepada kelompok yang berisi pertanyaan Konsep, Generalisasi Fungsi, Bentuk, dan Unsur lainnya tentang materi bahasan

Guru mendiskusikan jawaban bersama siswa secara kelasikal

Guru memberikan resume untuk mengingatkan kembali tentang : Fungsi, Bentuk, dan Penerapan unsur bahasa yang berkaitan dengan pokok bahasan

TAHAP REVISION

Memberikan tugas kepada siswa secara individu

Guru meminta siswa mengerjakan tugas secara perorangan

Guru meminta siswa mendiskusikan jawabannya di kelas

Guru memberikan tindak lanjut berupa pemberian tugas pekerjaan rumah

Leave a comment