Posted by: edgarismar | November 12, 2008

TEKNIK MENGAJARKAN SPEAKING & LISTENING DENGAN PPP

Sir, Marpudin,S.Pd

Sir, Marpudin,S.Pd

PPP merupakan salah satu teknik atu pendekatan yang relevan untuk mengejarkan keterampilan speaking dan listening kepada para siswa. Mengingat pesan yang tersurat dalam dokumen kurikulum KTSP khususnya dalam buku standar kompetensi dan kompetesi dasar. Berikut Langkah-langkah Penerapan Teknik PPP: TAHAP : PRESENTATION

  • Guru mengelisitasi latar pengetahuan yang telah dimiliki siwa tentang topik bahan ajar
  • Guru menulsikan beberapa jawaban siswa di papan tulis
  • Guru memberikan contoh lafal ungkapan hasil elisitasi dari siswa
  • Guru menambahkan beberapa ungkapan/pernyataan yang relevan dengan topik bahasan
  • Guru menjelaskan tentang fungsi, makna dan bentuk-bentuk bahasa yang ada dalam ungkapan
  • Guru kembali melakukan drill tentang ucapan yang benar akan beberapa ungkapan yang terdaftar di papan tulis, mulai dari secara klasikal, baris-perbaris, pasangan, dan akhirnya secara indivvidual.
  • Guru memberikan penguatan berupa fungsi, makna dan bentuk dari ungkapan/pernyataan yang baru saja dilatihkan kepada siswa.

TAHAP PRACTICE :

  • Guru meminta siswa bekerja berkelompok 4 atau 5 orang
  • Guru memberikan latihan kepada setiap kelompok
  • Guru meminta siswa mendiskuiskan jawaban di tiap kelompok
  • Guru meminta masing-masing ketua kelompok melaporkan jawabannya di kelas
  • Guru membuat resmu berupa jawaban yang tepat di papan tulis
  • Guru meminta siswa bekerja berpasangan dengan teman sebangku
  • Guru memberikan tugas
  • Guru meminta siswa mendiskusikan jawabannya dengan teman pasangannya
  • Guru meminta setiap pasangan siswa untuk mendemontrasikan jawabannya di depan kelas
  • Setelah seluruh siswa mendapat giliran, guru memberikan penghargaan kepada siswa
  • Guru meminta siswa untuk membuat resmu tentang jawaban tugas yang tepat yang tertulis di papan tulis

TAHAP  PRODUCTION

  • Guru meminta siswa bekerja dalam kelompok
  • Guru membarikan kartu tugas ketiap kelompok
  • Guru meminta kelompok mengerjakan tugas
  • Guru meminta siswa melaporkan hasil pekerjaannya secara tertulis secara perorangan
  • Guru memberikan tindak lanjut berupa pemberian tugas pekerjaan rumah untuk di bahas dalam pertemuan berikutnya.

Leave a comment

Categories